6 Jenis Sablon Terbaik Untuk Kaos

6 Jenis Sablon Terbaik Untuk Kaos

  • Post category:Tips

Industri percetakan sablon, saat ini masih sangat bagus perkembangannya. Meski era digital sekarang ini, banyak yang sudah beralih ke digital printing untuk mencetak baju dan kaos.  Namun baju atau kaos sablon juga masih menjadi favorit bagi kebanyakan orang saat ini. Karena desain yang dapat di custom masih menjadi daya tarik kebanyakan orang dalam menggunakan baju sablonan.  

Apalagi sekarang ini cetak untuk baju atau kaos semakin banyak jenisnya. pasti perlu banyak pertimbangan untuk untuk mendapatkan hasil sablon yang sesuai. Karena jenis dan kualitas tinta sablon yang digunakan juga sangat mempengaruhi hasil sablon pada baju atau kaos itu sendiri.

Karena banyaknya jenis sablon yang ada saat ini, pasti membuat anda bingung dalam menentukan pilihan agar sesuai dengan yang anda inginkan. Dan tentunya anda tidak ingin keliru dalam memilih jenis sablon untuk baju atau kaos yang ingin anda sablon.

Nah, untuk itu kami akan memberi anda 6 jenis Sablon terbaik untuk kaos. Semoga 6 jenis sablon terbaik untuk kaos yang akan kami bahas ini anda mendapat pencerahan lebih untuk menentukan pilihan jenis sablon apa yang akan anda gunakan.

Sablon Polyflex

Sablon polyflex merupakan jenis sablon yang cukup laku dan popular di pasaran. Karena sablon jenis ini cukup mampu menciptakan warna dengan ketajaman tinggi. Kelebihan dari sablon Polyflex adalah sablon jenis ini memiliki kualitas yang cukup baik dan juga awet.

Sablon Polyflex
Sablon Polyflex

Dan biasanya sablon jenis ini di gunakan untuk pembuatan nomor punggung pada jersey sepak bola ataupun jersey lainnya. Namun begitu, sablon jenis ini juga memiliki kekurangan yaitu sablon jenis ini tidak bisa di setrika secara langsung. Tapi bisa di siasati dengan membalik baju lalu mensetrika bagian sablon dari sisi lain baju yang terdapat sablonan dengan sablon jenis Polyflex ini.

Sablon Rubber

Sablon Rubber merupakan salah satu jenis sablon terbaik untuk kaos. Karena sablon jenis ini dapat menutupi serat bahan kaos yang timbul dan memiliki hasil yang jauh lebih elastis dari pada jenis sablon lainnya. Walau memiliki predikat kualitas terbaik, namun sablon jenis ini memiliki harga yang masih cukup terjangkau.

Sablon Rubber
Sablon Rubber

Kelebihan lain sablon jenis ini adalah sablon rubber cukup aman untuk di setrika, tidak gampang memudar dan sablon jenis ini memiliki tingkat kepekatan tinda yang cocok digunakan untuk proses ccetak sablon pada kain yang memiliki bahan berwarna gelap. Sehingga seringnya sablon Rubber di gunakan sebagai dasar  ketika akan menyablon dengan teknik sablon lain. 

Sablon Foil

Jika anda ingin mendapatkan hasil sablonan yang memiliki efek perak atau emas mengkilap maka sablon Foil adalah solusinya. Karena sablon Foil menggunakan kertas logam sebagai bahan utamanya.

Sablon Foil

Dan proses penyablonananya menggunakan perekat khusus untuk merekatkan kertas logam. Kelebihan dari sablon Foil adalah kualitasnya yang juara dan sablonnya yang dapat bertahan lama alias awet. Namun sayangnya, sablon jenis ini memerlukan perawatan khusus jika dbandingkan sablon jenis lainnya.

Sablon Glow In The dark

Sablon Glow In The dark
Sablon Glow In The dark

Sablon jenis ini sekarang ini sedang hype, atau kalo anak muda jaman sekarang menyebutnya kekinian. Sesuai namanya sablon jenis ini dapat nyala dalam gelap. Efek nyala tersebut di dapat dari percampuran sablon Rubber, sablon Plastisol, dan bahan fosfor. Dengan perpaduan bahan tersebut juga membuat sablonnya lebih awet.

Sablon Pigmen

Jenis Sablon Pigmen
Sablon Pigmen

Berbeda dengan sablon Rubber yang memiliki warna yang pekat dan cocok untuk baju gelap. Sablon Pigmen ini hanya cocok untuk penyablonan kain berwarna terang yang sekaligus menjadi kekurangan sablon jenis ini. Karena tinta pada sabllon jenis ini amat mudah menyerap ke dalam serat kain. Sehingga, bila di gunakan pada kain yang berwarna gelap, warna sablon Pigmen akan kalah dengan warna kain itu sendiri.

Sablon DTG

Sablon DTG ini cukup popular dan menjadi teknik sablon kekinian di kalangan anak muda. Karena, proses penyablonan menggunakan teknik sablon DTG ini cukup berbeda dengan sablon jenis lainnya yang masih manual. Sablon DTG sudah menggunakan printer digital untuk proses pensablonannya.

Jenis Sablon DTG
Sablon DTG

Warna dan gambar yang dihasilkan oleh teknik Sablon DTG ini juga sangat detail dan jelas. Kabar baiknya, karena menggunakan mesin biasanya order sablon DTG tidak harus dalam partai besar. Namun karena biaya produksi yang lebih tinggi dari teknik sablon lain. Membuat sablon baju menggunakan teknik sablon DTG umumnya lebih  mahal harganya.

6 jenis sablon terbaik untuk kaos diatas menggunakan 2 teknik printing yang berbeda ada yang manual dan ada yang digital yang dapat anda pilih sesuai budget dan kebutuhan anda. Nah, jika anda ingin membuat baju, kaos atau jersey dengan teknik sablon digital printing anda bisa menghubungi konveksidiamond.com

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam menentukan pilihan jenis sablon apa yang ingin di gunakan.

Tinggalkan Balasan