5 Jenis Kain Untuk Membuat Kebaya

5 Jenis Kain Untuk Membuat Kebaya

Kebaya merupakan pakaian blouse tradisional yang biasa dikenakan oleh wanita Indonesia. Kebaya sendiri terbuat dari bahan yang tipis dan biasanya pemakaiannya di padu padankan dengan kain batik, kain songket, kain sarung dan jenis kain tradisional lainnya.

Baju kebaya dulunya juga identic dengan pakaian orang tua karena terkesan jadul dan modelnya juga kurang fashionable,

Namun siapa sangka sekarang banyak anak muda yang juga sering mengenakannya untuk menghadiri acara – acara formal dan penting.

Karena dengan seiring perkembangan jaman, desain, model dan bahan kebaya juga semakin beragam. Karena Dahulu, untuk membuat kebaya bahan yang digunakan masih terbatas seperti jenis kain Organdi dan kain Brokat. Sekarang pekembangan pada dunia fashion juga mengalami perubahan yang signifikan seperti pada jenis pakaian Kebaya ini. 

Saat ini untuk membuat Kebaya kain yang digunakan sebagai bahan baku sudah beragam seperti kain Tule, kain Chiffon, ataupun kain Lace.

Selain itu, untuk mempercantik Kebaya yang akan anda kenakan biasanya juga akan di tambah beberapa ornamen – ornamen. Seperti beads, payet atau bordiran pada pakaian kebaya anda.

Karena banyaknya bahan yang sekarang di gunakan untuk dijadikan Kebaya, kami merangkumnya menjadi 5 jenis Kain untuk membuat kebaya versi konveksidiamond.com.

Kain Lace

Kain Lace atau yang biasa di sebut dengan Kain Renda atau brokat ini dulunya diidentikkan dengan gaya atau ciri khas orang tua. Namun sekarang ini kain Lace banyak digunakan di berbagai jenis pakaian wanita seperti blazer, blouse dan lain – lain.

Kain Lace

Karena memberikan kesan  cantic, elegan dan feminim saat di kenakan.  Sehingga kain jenis ini sangat cocok untuk membuat Kebaya baik kebaya pernikahan, kebaya tradisional, kebaya wisuda atau kebaya – kebaya model lainnya.

Kain Sutra

Kain Sutra adalah salah satu jenis kain yang berasal dari serat alami berupa filament dan bisa dikatakan bahan kain ini tergolong bahan kain yang mahal. Karena proses pembuatannya yang cukup rumit dan berasal dari kepompong larva ulat sutra.

Kain Sutra

Kain Sutra memiliki karakteristik sebagai kain yang sangat lembut namun tidak licin, berkilau, ringan, memberikan efek dingin dan dapat menyerap keringat. Sehingga kain Sutra juga cocok untuk dibuat menjadi Kebaya. Jenis kain ini juga cukup banyak diminati oleh para wanita. Meskipun harganya yang tergolong mahal karena bahan ini juga cukup kuat dan tahan lama.

Kain Organdi

Bahan Kain Organdi merupakan salah satu jenis kain yang sangat cocok untuk di jadikan kebaya. Karena jenis kain ini memberikan kesan berkilau, mewah dan glamour ketika dikenakan.

Kain Organdi

Kain Organdi sendiri memiliki karakteristik yang lembut namun sedikit kaku. Meskipun kain Organdi lebih tebal dari kain Tafetta namun kain jenis ini dapat dikatakan tipis.

Kain Tulle

Bahan Kain tulle adalah jenis kain yang amat mudah dikenali hanya dengan sekali pandang. Karena kain ini merupakan jenis kain ringan yang berbetuk jala dan biasanya digunakan untuk membuat gaun pengantin, kostum penari balet dan kebaya.

Kain Tule

Kain Tulle sendiri memiliki beragam warna dan jenis, ada yang berteksture lembut dan ada juga yang berteksture kaku. Biasanya kain Tulle digunakan pada model kebaya untuk memerikan efek atau siluet tubuh agar terlihat lebih elegan, mewa, anggun dan menawan.

Sayangnya untuk menggunakan kain Tulle ini membutuhkan cara dan treatment khusus dari mulai proses pembuatan hingga proses perawatannya. Namun hal itu tidak membuat kain Tulle sepi peminat.

Kain Chiffon

Bahan Kain Chiffon merupakan salah satu jenis kain yang memiliki tampilan yang cukup tranparan yang sering di gunakan untuk membuat kebaya karena memberikan efek dingin ketika di kenakan.

Bahan Kebaya Kain Chiffon

Bahan Kain Chiffon memiliki  karakteristik tipis, lembut dan halus. Sehingga sangat cocok untuk membuat kebaya karena dapat mengikuti bentuk tubuh. Sehingga kebaya yang di buat menggunakan bahan Chiffon akan terlihat anggun dan cantic saat dikenakan.

Nah itulah pembahasan singkat  mengenai 5 jenis kain untuk membuat Kebaya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu anda untuk memilih dan mendapatkan bahan kebaya yang sesuai keinginan dan kebutuhan anda. 

Tinggalkan Balasan